Yogyakarta memiliki beragam jenis wisata yang dapat dinikmati dan menjadi pilihan menghabiskan liburan. Wisata yang disuguhkanpun beragam, mulai dari wisata sejarah, kuliner, maupun wisata alam seperti pantai. Belakangan ini banyak spot wisata pantai yang bermunculan di Yogyakarta, salah satunya adalah Pantai Baru yang terletak di kabupaten Bantul.

Nama pantai ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, beberapa waktu belakangan nama pantai ini mulai mencuat dengan banyak foto yang bermunculan di media sosial. Sehingga tempat wisata ini semakin ramai setiap harinya. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, simak ulasan berikut ini.

Lokasi Pantai Baru

Pantai yang indah ini berada di wilayah Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi ini, Anda dapat menempuh perjalanan dengan jalur yang sama menuju pantai Parangtritis serta Pantai Depok.

Perjalanan dapat ditempuh memakai kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, karena belum terdapat transportasi umum menuju lokasi. Akses menuju tempat ini sudah cukup baik dan nyaman untuk dilewati berbagai kendaraan.

Harga Tiket

Untuk menikmati liburan di pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Wisatawan akan dikenakan retribusi sebesar 4.000 rupiah per pengunjung dan dikenakan biaya parkir sebesar 3.000 rupiah untuk motor, serta 5.000 rupiah untuk mobil.

Wisata pantai ini dikelola langsung oleh warga sekitar sehingga tidak memiliki waktu operasional khusus, dengan kata lain pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Saat terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di waktu pagi hari dan sore hari untuk menikmati sunset.

Keseruan aktivitas di Pantai Baru

Selain dimanjakan dengan pemandangan yang indah, wisatawan dapat pula melakukan berbagai macam aktivitas seru untuk mengisi liburan. Berikut ini merupakan aktivitas yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Pantai Baru.

  1. Menikmati sunset

Pemandangan senja merupakan salah satu momentum yang ditunggu oleh wisatawan. Pantai Baru Memiliki pemandangan sunset yang cukup indah dan cocok dinikmati bersama orang-orang tersayang.

  1. Spot Kincir angin raksasa

Salah satu spot favorit di Pantai Baru yaitu kincir angin raksasa. Pada awalnya pemerintah membangun kincir tersebut dalam rangka pembuatan pembangkit listrik tenaga air. Namun pada akhirnya, kincir angin ini menjadi salah satu ikon untuk berfoto para wisatawan.

  1. Menikmati suasana pantai di bawah pohon cemara

Wilayah pantai baru ditumbuhi banyak pohon cemara yang rindang. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk bersantai menikmati suasana pantai. Jangan lupa membawa perbekalan agar Anda dapat lebih menikmati momen bersama keluarga. Anda tidak perlu membawa tikar dari rumah karena di sini terdapat penyewaan tidak dengan harga yang cukup murah, yaitu 10.000 rupiah per lembarnya.

Sepanjang bibir Pantai Baru, kebersihannya masih sangat terjaga. Namun sebagai sebuah pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, ombak di sana cukup besar sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk berenang di pantai.

  1. Wisata kuliner seafood

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai ini dan tidak menikmati aneka menu olahan seafood yang banyak tersaji di sekitaran pantai. Kedai-kedai di sini menyediakan olahan ikan segar dan hasil laut lainnya lengkap dengan berbagai minuman yang menyegarkan. Bagi Anda yang memiliki alergi makanan dari hasil laut kedai di sini juga menyediakan aneka olahan air tawar, jadi tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa menikmati berbagai pilihan menu selain seafood.

Beberapa hasil tangkapan laut yang dijual di kedai pinggir pantai, antara lain ikan kakap merah, kerapu, cakalang, cumi, udang, kepiting, kerang dan lain sebagainya. Selain disantap di tempat, aneka seafood ini juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Untuk minuman yang menjadi rekomendasi di pantai ini adalah kelapa muda murni yang dapat menyegarkan kembali di tengah cuaca yang terik.

  1. Melepaskan tukik

Salah satu aktivitas seru yang tidak banyak dijumpai adalah melepaskan tukik ke laut lepas. Masyarakat sekitar yang paham bahwa keberadaan penyu sudah hampir punah, membuat mereka berinisiatif untuk mengelola tempat konservasi penyu.

Penyu dikembang biakkan di area penetasan telur. Penyu yang sudah menetas atau biasa disebut dengan tukik akan dilepaskan bersama-sama di bibir Pantai Baru.

  1. Fasilitas

Sebagai sebuah tempat wisata yang baru, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup standar. Pantai Baru memiliki parkir kendaraan yang luas, mushola, tempat beristirahat, kamar mandi atau MCK, warung makan, camping ground, dan lain-lain.

Pantai ini juga memiliki fasilitas wisata ziarah berupa petilasan atau tempat bertapa dari keluarga keraton Ngayogjokarto Hadiningrat. Petilasan ini masih terawat hingga sekarang.

  1. Tips dan saran

Agar liburan Anda menjadi lebih nyaman, perhatikanlah tips dan saran berikut ini.

  • Perhatikan kondisi cuaca sebelum berkunjung. Keindahan pantai baru akan dapat lebih dinikmati ketika cuaca cerah supaya bisa melakukan banyak aktivitas di lokasi pantai.
  • Bawalah perlengkapan dan keperluan pribadi seperti bekal, air minum, obat-obatan pribadi, dan lain-lain
  • Siapkan perlengkapan dokumentasi. Momentum berlibur ke Pantai Baru tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan setiap momen di sana.
  • Bawalah uang cash yang cukup agar dapat menikmati berbagai macam fasilitas dan juga berbagai macam olahan seafood yang ada di tempat ini.

Demikian informasi seputar destinasi wisata Pantai Baru di Bantul Yogyakarta. Lokasi ini dapat menjadi referensi untuk berlibur bersama keluarga maupun teman-teman terdekat Anda. Jangan lupa persiapkan segala kebutuhan dan pastikan kondisi fisik yang prima sebelum berlibur.