Buah durian terkenal sebagai rajanya buah di Indonesia. Buah dengan rasa yang khas dan aroma yang menyengat dapat dijumpai di berbagai daerah dengan ciri khas dan rasa masing-masing. Bagi para penggemar durian mencari dan memburu durian dengan varietas tertentu menjadi kepuasan tersendiri.

Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Pecinta Durian

Untuk Anda para penggemar durian, jangan lewatkan tempat-tempat berikut ini dimana Anda dapat menyantap durian terbaik bahkan hingga dapat makan sepuasnya.

  1. Warso Farm, Kebun Durian di Wilayah Bogor

Tempat ini merupakan kebun durian yang berada di wilayah kota Bogor. Letaknya tidak jauh dari pusat kota yaitu sekitar 30 menit perjalanan. Sebelum datang ke tempat ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu menelepon untuk mengkonfirmasi apakah durian sedang musim berbuah.

Durian yang ditawarkan di sini memiliki harga yang cukup murah dan terdapat bermacam-macam varietas unggulan, misalnya durian montong, sunan, petruk dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat menikmati olahan durian seperti es krim durian, pancake durian, hingga serabi durian. Perkebunan dengan luas 22 hektar ini terdapat jenis durian rancamaya khas Cijeruk, chanee, montong, petruk, sampai durian musang king.

  1. Sentra Durian, Desa Alas Malang Kabupaten Banyumas

Alas Malang merupakan sebuah desa di wilayah Kecamatan Kemrajen, Kabupaten Banyumas. Desa ini terkenal sebagai sentra durian yang menyediakan berbagai macam varian durian. Namun, durian yang menjadi unggulan di wilayah ini adalah jenis montong bawor.

Buahnya yang tebal dan memiliki biji yang kecil serta rasa yang manis menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar durian. Durian montong bawor sendiri dapat mencapai berat hingga lebih dari 5 kg per buahnya. Dengan harga per kilonya berkisar antara 60.000 – 80.000 ribu.

  1. Sentra Durian Candimulyo, Magelang

Wisata durian yang satu ini terletak di Dusun Munung, Desa Surodadi, Kecamatan Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah. Di desa ini dijual berbagai macam jenis durian dengan harga yang cukup murah. Banyak penikmat dari Jogja dan kota sekitarnya yang sengaja berdatangan ke sentra durian Candimulyo ini.

Harga jual untuk sebuah durian sekitar 25.000 – 200.000 rupiah, dengan harga tersebut Anda sudah dapat menikmati durian candy berwarna kuning yang legit dan berdaging tebal. Jika Anda tidak beruntung dengan mendapatkan durian yang tidak manis, maka Anda dapat menukarnya saat itu juga.

  1. Desa Wisata Sangkanwangi, Banten

Desa wisata khusus durian ini berada di Desa Sangkanwangi, Leuwidamar, Lebak, Provinsi Banten. Desa ini merupakan penghasil durian, yaitu varietas durian yang bernama matahari. Durian lainnya yang terdapat di lokasi ini adalah jenis durian hepi dan durian otong. Yang menarik dari tempat ini adalah Anda bisa memilih durian langsung dari pekarangan warga.

Pada area seluas 20 hektar ini terdapat 2000 pohon yang memiliki tekstur daging durian yang tebal dan juga rasanya manis. Para petani durian Desa Sangkawangi ini mendirikan wisata durian untuk meningkatkan ekonomi daerah tersebut.

  1. Kedai Durian Jatohan Haji Arif

Kedai durian ini terletak di jalan raya serang. Kedai ini biasa disingkat dengan DJHA yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Tidak hanya dapat menikmati buah durian secara langsung, Anda juga dapat membeli beberapa olahan durian, seperti dodol, es krim, pancake dengan cita rasa yang menarik.

Makan durian di sini juga memiliki fasilitas garansi, yaitu menukarkan kembali durian yang tidak manis.

  1. Kebun Durian Sigarung, Pekalongan

Kebun durian Sigarung ini terletak di kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Durian yang menjadi ciri khas di wilayah ini adalah varietas durian ketan. Durian ini berukuran cukup kecil tapi banyak digemari oleh penikmat durian karena memiliki tekstur yang kering di luar dan lembut di dalam.

Kebun durian ini tidak hanya memiliki satu varietas saja, melainkan terdapat varietas jenis lain yaitu varietas durian keket, madu, dampit, cempli, blondo dan varietas lainnya.

  1. Ucok Durian Medan

Ucok Durian Medan ini memang sangat terkenal, rasanya belum lengkap jika tak mampir saat berwisata ke Medan, Sumatera Utara. Terletak di Jalan Wahid Hasyim No. 30-32 Kota Medan, kedai ini memiliki berbagai olahan durian untuk dijadikan oleh-oleh. Mulai dari durian utuh, durian kupas, durian beku, daging durian, pancake durian, bahkan es krim durian.

Buka selama 24 jam, kedai Ucok ini menawarkan satu buah durian dengan ukuran kecil dengan harga mulai dari 50.000 rupiah. Untuk durian ukuran sedang dibanderol sekitar 75.000 rupiah. Varietas durian yang ditawarkan yaitu buah durian medan, durian lokal asli dari Medan.

  1. Desa Duren Sawahan, Trenggalek

Memakan buah durian sambil berwisata sangat bisa jika Anda mengunjungi Desa Sawahan di Trenggalek. Desa ini merupakan desa wisata durian yang menyediakan paket lengkap untuk berwisata alam dan juga budaya. Selain menikmati wisata durian, pengunjung yang hadir juga dapat menikmati outbound, permainan tradisional, river tubing, hingga tersedia homestay.

Berbeda dengan wisata alam lainnya, di Desa Sawahan ini pengunjung akan diajak ke area perkebunan menyusuri jalan sempit dikelilingi suasana khas hutan rindang yang super segar. Lokasi tepatnya berada di Desa Wisata Duren Sari RT 11 RW 04, di Desa Sawahan, Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur. Tidak jauh dari kawasan pantai Pasir Putih dan juga pantai Prigi, kurang lebih hanya 3 Km jaraknya.

  1. Kebun Raya Bulo, Sulawesi Barat

Kawasan ini merupakan kawasan kebun durian terkenal yang memiliki kenikmatan tersendiri dari rasa durian lokal. Selain bisa menikmati buah durian, pengunjung diajak berkeliling sambil mempelajari cara menanam dan juga merawat pohon durian. Pengunjung juga dapat langsung merasakan sensasinya memetik durian langsung dari pohon.

Ada beberapa jenis durian di Kebun Raya Bulo ini, salah satunya adalah durian montong. Terletak di Bukit Merdeka, Kecamatan Bulo, Kabupaten dari Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Harga yang dibanderol untuk sebuah durian lokal sekitar 10.000 – 15.000 rupiah, untuk sebuah durian montong sekitar 50.000 – 100.000 rupiah.

  1. Kampung Durian Songgon, Banyuwangi

Rekomendasi tempat makan durian terakhir adalah Durian dari Desa Songgon yang ada di Banyuwangi. Tersedia 75 macam jenis dari 400 pohon durian di Kampung Songgon ini. Terletak di Dusun Sembawur, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, pengunjung yang datang dapat menikmati durian yang bisa dipetik langsung dari pohon.

Varietas unggulan dari durian pelangi, durian merah dan juga durian orange ini dapat dinikmati. Kadar air buah yang sedikit membuat rasa durian lebih kesat dan legit. Apalagi menikmati di tengah suasana hutan rindang dan gemercik air kali ditemani dengan sajian durian bakar yang sungguh nikmat.

Demikian informasi mengenai 10 Tempat Wisata bagi Pencinta Durian di Indonesia yang dapat Anda kunjungi dan makan sepuasnya.